Google Chrome VS Chromium

Posted by


Pernah dengar browser / peramban yang bernama Chromium?
Itu adalah "Bapaknya" Google chrome. Artinya, Google Chrome itu turunan ("anak") dari Chromium.

Itu ketika saya ketahui dari hasil keliling bersama Mbah Google. Berawal dari rasa penasarannya saya akan perbedaan antara keduanya. Pertama kali saya mengenal Chromium yaitu semenjak melihat sistem operasi Linux Ubuntu pada laptop teman saya (sekitar Juli 2010 silam), di mana Chromium adalah browser yang sudah dibundel pada paket software ‘repository’ Ubuntu.

Chromium di linux ubuntu

Dilihat dari tampilan antarmuka dan fitur-fitur menunya, antara Google chrome dan Chromium nyaris tidak berbeda. Yang terlihat beda hanya logonya.
Perhatikan gambar logo masing-masing yang saya "screenshot" kotak menu kedua browser pada sistem operasi Windows XP (di PC saya).

Google chrome di Windows Xp

Chromium di Windows Xp


Terus, apa sih perbedaan lainnya antara Google chrome dan Chromium ?

Pada awalnya sebuah proyek pembuatan web browser "open source" bernama Chromium didirikan untuk membuat browser yang "open source". Kemudian Google mengambil "source code" Chromium proyek tersebut untuk membuat browser baru dengan menambah beberapa fitur tambahan, seperti tambahan nama, dan kemudian menjadi Google chrome.
Singkat kata, Google Chrome merupakan Chromium yang dipaket dan didistribusikan oleh Google dengan menambah beberapa fitur. Proyek Chromium sendiri masih terus berjalan dan masih juga digunakan Google untuk meng-update Google Chrome.
Chromium itu adalah proyek "open source" di belakang Google chrome. Sama kondisinya seperti safari dan webkit. Chromium yg "opensource" itu oleh Google diambil, (entah diubah apa lagi kalo ada), dicompile, lalu dirilis binary versionnya ke publik.

Dan Fakta bahwa Chromium menjadi browser yang paling banyak di download pada situs Softpedia.com

 "Screenshot" di atas saya ambil di hari Kamis 20 Desember 2010.

Akhirnya saya pun ingin menginstall Chromium pada sistem operasi Windows XP. Versi yang saya install yaitu Chromium 10.0.605.0 (installer-nya dalam bentuk file zip dengan ukuran 29,2 MB).
Dan setelah saya menilai, saya merasa Chromium lebih ringan sedikit ketimbang chrome.
So.. silahkan yang ingin mencoba web browser yang stu ini :

Chromium 10.0.605.0



BLOGGER BANTEN Updated at: Kamis, Desember 30, 2010

2 komentar:

  1. Oh gtu yah, baru tau w.:g:
    tq info na, & ijin sedot bro :h:

    BalasHapus
  2. ok sama2 bro..
    dan silahkan bro..
    be 4,,mkasih bro udah berkunjung d blog saya.

    BalasHapus