Cara Membersihkan Virus di Android Tanpa Harus Factory Reset

Posted by

[caption id="attachment_151" align="alignnone" width="300"]Sumber : caraiki[.]com Sumber : caraiki[.]com[/caption]



BLOGGER BANTEN - Istilah Factory Reset atau mengembalikan pengaturan sistem Android ke Setelan Pabrik merupakan salah satu cara membersihkan virus di Android. Memang benar, dengan melakukan reset pabrik, maka virus dan malware jahat akan terhapus dari dalam HP Android, namun konsekuensinya data-data dan aplikasi serta games Androidnya juga ikut hilang.
Oleh karena itu, dibutuhkan cara membersihkan virus di Android tanpa Factory Reset. Dan kali ini, Theandroid.top akan memberikan tips dan trik cara menghilangkan virus di Android tanpa aplikasi antivirus dan cara menghapus virus di Android tanpa melakukan factory reset, yakni dengan masuk ke Safe Mode di Android Anda.

Cara Membersihkan Virus di Android Tanpa Antivirus


Seperti disinggung di atas bahwa untuk menghapus virus di HP Android tanpa anti virus bisa dilakukan dengan masuk ke Mode Aman atau Safe Mode di Android. Bagaimana cara masuk Safe Mode Android?

Cara Masuk Safe Mode Android


Pada kasus ini, saya menggunakan 2 merek smartphone Android, sebut saja Nexian Journey One (Android One Series dengan OS Marshmallow) dan Samsung Galaxy Series Jelly Bean.

Untuk seri Android One, cara masuk Mode Aman adalah dengan menekan dan tahan tombol Power seperti saat ingin mematikan HP (kondisi HP nyala). Saat muncul "Matikan Daya", tekan dan tahan 3 detik hingga muncul notifikasi untuk masuk ke Mode Aman. Tekan OK, maka ponsel Android One akan restart ke dalam Safe Mode.

Sedang untuk Samsung Galaxy, cara masuk Safe Mode beda lagi. Jika dalam keadaan ponsel menyala, silakan ikuti tahap ini:

  1. Reboot Android Anda (atau matikan saja, lalu hidupkan ulang).

  2. Saat sampai muncul logo Samsung, segera tekan tombol volume bawah (Vol Down / - ).

  3. Otomatis Android Samsung Anda masuk ke Mode Aman.


Cara Membersihkan Virus di Android dalam Mode Aman


Setelah sukses atau berhasil masuk ke Safe Mode Android, langkah selanjutnya adalah mencari aplikasi yang mencurigakan di dalam sistem Android Anda. Biasanya, aplikasi tersebut terdownload dan terinstal secara sendiri tanpa Anda sadari.

  1. Coba buka menu Setelan > Aplikasi > Semua Aplikasi.

  2. Cari aplikasi yang terpasang. Di dalam Safe Mode Android hanya akan terlihat aplikasi bawaan sistem, sehingga jika ada aplikasi asing, silakan dihapus (uninstall) saja.

  3. Jika tidak bisa menghapus aplikasi, ada kemungkinan aplikasi 'jahat' Android tersebut memiliki Hak Akses Administrator perangkat.

  4. Buka Setelan > Keamanan > Administrator Perangkat. Hapus tanda centang pada aplikasi yang Anda curigai.


Cara Keluar dari Safe Mode Android


Untuk berhenti mengakses mode aman Android, cukup restart HP Android Anda seperti biasanya tanpa menekan tombol tambahan lainnya.
Lihat Juga: Cara Menggunakan Snapchat Lenses di Android - oot!

Demikianlah cara membersihkan virus di Android tanpa factory reset, menghilangkan virus tanpa antivirus, dan trik menghapus virus di Android dengan Safe Mode. Semoga bermanfaat.



BLOGGER BANTEN Updated at: Jumat, November 25, 2016

0 komentar:

Poskan Komentar