Tizen VS Android: Kelebihan dan Kekurangan OS Tizen Samsung Z Z2 Z3

Posted by

 

Inilah Perbedaan Tizen VS Android: Kelebihan dan Kekurangan OS Tizen Samsung Z Z2 Z3 Terbaru di Indonesia BLOGGER BANTEN - Samsung belum lama ini mengenalkan smartphone murah terbarunya yakni Samsung Z2. Dengan bandrol harga USD$70 atau sekitar Rp 900 ribuan, Samsung Z2 tentu saja langsung menarik perhatian penikmat ponsel pintar di Indonesia. Menariknya, kini Pihak Samsung tidak menggunakan sistem operasi Android untuk tipe Z2, beserta seri "Z" lainnya. Melainkan memilih Tizen sebagai 'jeroan' Samsung Z Series terbaru ini. Lalu, seperti apakah kelebihan dan kekurangan OS Tizen di Samsung ini? Simak rinciannya beirkut ini!Tizen adalah operating system berbasis Linux yang sifatnya open source buatan Samsung hasil kerja sama dengan Linux Foundation yang awalnya adalah Meego. Yaitu sebuah sistem operasi mobile yang digabungkan dari Intel Mobilin dan Nokia Maemo. Nokia pun kini lebih memilih memaksimalkan Windows Phone, sehingga pada akhirnya kini Meego berubah menjadi Tizen dan dikembangkan oleh Samsung. Tentu saja dengan tetap bersama Intel sebagai partnernya.

Berbicara soal Tizen OS di Samsung Z Series yang sudah diluncurkan, bagaimana perbedaan Tizen VS Android? Nah, saya rasa bagi Anda yang sudah hidup cukup lama bersama HP Android pasti Anda sudah paham betul seperti apa OS Android itu.

Dan di bawah ini adalah menyoal pada bagian kelebihan dan kekurangan OS Tizen, sehingga Anda bisa memberikan kesimpulan sendiri ketika Anda mau membandingkannya dengan Android. Baik itu Android versi lawas maupun Android paling baru.

Tizen VS Android: Kelebihan dan Kekurangan OS Tizen Samsung Z2


 
Kelebihan dan Kekurangan OS Tizen Samsung

Inilah data tentang sistem operasi Tizen yang baru dikenalkan Samsung pada smartphone tipe Z terbarunya di Indonesia.

Kelebihan OS Tizen dari Samsung


 

  • Samsung berpendapat bahwa Tizen lebih ringan dari OS lain, termasuk TouWiz miliknya sendiri.

  • Tizen telah mendukungan browser HTML5 terbaik dan terbaru.

  • Menurut kabar Tizen sudah mampu menjalankan --hampir-- semua aplikasi yang sudah ada pada sistem operasi Android.

  • Tizen dapat dikembangkan pada perangkat selain smartphone, seperti Smart TV, smart camera, dan notebook. Bahkan dikatakan perangkat rumah tangga pun sangat cocok diberikan OS Tizen.

  • Mendukung aplikasi pihak ketiga yang berbasis WEB (HTML5, CSS, JavaScript), Native (C/C++) dan Hybrid (Web & Native).

  • Didukung vendor ponsel raksasa Samsung yang berpeluang untuk berkembang lebih pesat.


 

Kekurangan OS Tizen Samsung Saat ini


 

  • Pasti akan ada aplikasi atau game yang belum sepenuhnya kompatibel meski dengan spesifikasi yang sama dengan ponsel versi OS Android.

  • Untuk saat ini masih menjadi prioritas kedua dari Samsung, karena pihaknya masih memprioritaskan Android pada produk-produknya.

  • Masih membutuhkan pengenalan kepada publik untuk mendapatkan respon positif.

  • Masih membutuhkan sosialisasi dan pemberian perbedaan fungsi nyata agar pengguna benar-benar bisa membedakan Tizen dengan kompetitor yang sudah ada sebelumnya.


Jadi, apakah Anda tertarik menguji sendiri kehandalan OS Tizen? Sepertinya HP Samsung Z, Z2, dan Z3 layak untuk Anda boyong ke rumah sebagai "bahan" untuk mengobati rasa penasaran Anda. Semoga bermanfaat.



BLOGGER BANTEN Updated at: Sabtu, November 19, 2016

0 komentar:

Poskan Komentar